Home » All » BEASISWA KOREA GLOBAL SCHOLARSHIP PROGRAM UNTUK S1 2022. YUK SIMAK CARA DAFTARNYA!
Beasiswa

BEASISWA KOREA GLOBAL SCHOLARSHIP PROGRAM UNTUK S1 2022. YUK SIMAK CARA DAFTARNYA!

Beasiswa Korea KGSP 2022
Beasiswa Korea KGSP 2022

Hai para pemburu beasiswa! Bagi kalian yang ingin melanjutkan kuliah S1 di Korea Selatan kini telah dibuka Program Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS) 2022 loh!

Dengan Program Pendaftaran Beasiswa S1 Korea GKS Program yang dibagi menjadi 2 jalur yaitu melalui University Track (Jalur Universitas) dan Embassy Track (Jalur Kedutaan Besar Korea) di Jakarta. Nah, berikut beberapa syarat dan ketentuan pendaftaran Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS) 2022 yang bisa kalian siapkan.

DETAIL BEASISWA S1 KOREA GKS PROGRAM (KGSP) 2022:

PERIODE BEASISWA:

Total masa studi 5 s/d 7 tahun (1 tahun training bahasa Korea + 4 s/d 6

tahun program kuliah S1).

KEUNTUNGAN BEASISWA:

  1. Gratis biaya perkuliahan (uang pendaftaran + tuition fee)
  2. Tiket pesawat PP Indonesia-Korea pada awal dan akhir masa studi
  3. Tunjangan kedatangan 200,000 KRW (± Rp 2,4juta) yang diberikan satu kali saat kedatangan di Korea
  4. Tunjangan hidup sejumlah 900,000 KRW (± Rp 10,9juta) per bulan
  5. Hibah Kemampuan Bahasa Korea senilai 100,000 KRW (± Rp 1,2juta) setiap awal bulan apabila pelamar memiliki skor TOPIK (Test of Proficiency in Korean) level 5 atau 6
  6. Hibah penyelesaian beasiswa senilai 100,000 KRW (± Rp 1,2juta) bagi yang berhasil menyelesaikan perkuliahan dan akan kembali ke Indonesia
  7. Gratis training bahasa Korea selama 1 tahun sebelum perkuliahan dimulai (dilaksanakan di institusi bahasa di Korea)
  8. Biaya asuransi kesehatan tiap semester.

KUALIFIKASI BEASISWA:

  1. Kebangsaan:

Merupakan warganegara dari negara yang ditawarkan beasiswa (salah satunya Indonesia). Peserta maupun orang tua bukan merupakan warganegara Korea Selatan.

  1. Level Pendidikan:
  2. Bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat dapat mendaftar program Bachelor’s degree (S1) atau program Associate Degree (Diploma).
  3. Bagi lulusan setara Diploma hanya dapat mendaftar program Bachelor’s degree (S1).
  4. Nilai:
  5. Memiliki nilai rata-rata kumulatif di atas 80 (skala 100) atau berada dalam peringkat 20 persen teratas dalam satu kelas; ATAU
  6. Mempunyai CGPA (Cumulative Grade Point Average): 2.64/4.0, 2.80/4.3, 2.91/4.5, 3.23/5.0. Apabila transkrip nilai peserta tidak mencantumkan informasi mengenai CGPA atau tidak dapat mengkonversi nilainya pada salah satu skala GPA (skala 4.0, 4.3, 4.5, 5.0, atau 100), maka peserta juga wajib melampirkan dokumen tambahan dari pihak sekolah berisi penjelasan sistem penilaian yang digunakan.
  7. Usia:

Berusia tidak lebih dari 25 tahun (lahir setelah 1 Maret 1997).

  1. Kesehatan:

Memiliki kondisi kesehatan yang baik, baik jasmani maupun rohani untuk menempuh studi di Korea Selatan.

  1. Larangan:
  2. Peserta yang merupakan lulusan sekolah menengah di Korea atau telah mendapatkan gelar S1 sebelumnya, tidak dapat mendaftar program beasiswa ini. Sedangkan bagi peserta yang sebelumnya pernah melakukan pertukaran pelajar atau kunjungan studi di universitas Korea bisa mendaftar.
  3. Peserta yang sebelumnya pernah mendapatkan beasiswa program gelar dari salah satu beasiswa Pemerintah Korea Selatan tidak dapat mendaftar beasiswa ini.
  4. Peserta hanya dapat memilih salah satu jalur pendaftaran (University Track atau Embassy Track), tidak diperbolehkan keduanya. Apabila ketahuan mendaftar pada kedua jalur pendaftaran, maka berkas pendaftarannya akan diabaikan pada tahapan seleksi ke-2.
  5. Peserta yang pernah mengundurkan diri setelah dipilih menjadi penerima beasiswa GKS (KGSP) sebelumnya maupun yang pernah didiskualifikasi selama masa penerimaan beasiswa GKS sebelumnya tidak dapat mendaftar kembali beasiswa ini.

DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:

  1. Application Form (Form 1).
  2. Personal Statement (Form 2).
  3. Study Plan / rencana studi (Form 3).
  4. 1 (Satu) Surat Rekomendasi (Form 4), bisa dari kepala sekolah, guru, atau ketua jurusan. Surat rekomendasi tersebut harus dimasukkan ke dalam amplop dan disegel. Khusus pendaftaran Embassy Track, peserta melampirkan 2 (Dua) Surat Rekomendasi.
  5. GKS Applicant Agreement (Form 5).
  6. Personal Medical Assessment (Form 6).
  7. Bukti kewarganegaraan peserta (contoh: akte kelahiran atau kartu keluarga).
  8. Salinan resmi ijazah SMA/SMK/sederajat atau ijazah sekolah tinggi setara Diploma/Associate Degree.
  9. Salinan transkrip nilai SMA/SMK/sederajat/Diploma. Apabila transkrip nilai tidak menggunakan sistem penilaian skala 4.0, 4.3, 4.5, 5.0, atau 100, maka nilai harus dikonversi dulu ke salah satu sistem penilaian skala 4.0, 4.3, 4.5, 5.0, atau 100 dengan menyertakan dokumen pendukung yang dikeluarkan oleh sekolah/institusi.
  10. Salinan sertifikat kemampuan bahasa Korea (TOPIK) atau salinan sertifikat kemampuan bahasa Inggris (TOEFL/TOEIC/IELTS) (Dokumen ini sifatnya tidak wajib dilampirkan. Jika ada boleh dilampirkan).
  11. Sertifikat penghargaan yang pernah didapatkan (lampirkan jika dibutuhkan).
  12. Salinan paspor pemohon (lampirkan jika dibutuhkan).

NB:

  1. Download Form 1 s/d 6 pada link berikut: 2022 GKS-U Application Forms.docx.
  2. Seluruh dokumen harus diserahkan dalam ukuran kertas A4 (atau Letter). Apabila ukuran dokumen lebih kecil daripada ukuran kertas A4 (atau Letter), tempelkan pada kertas kosong ukuran A4. Sedangkan apabila ukuran dokumen lebih besar daripada ukuran kertas A4, maka lipat dokumen seukuran kertas A4.
  3. Seluruh berkas dokumen harus menggunakan bahasa Inggris atau Korea. Apabila dokumen (misal: ijazah atau transkrip nilai) masih dalam bahasa Indonesia, bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah untuk menerjemahkannya.
  4. Salinan resmi artinya fotocopy dari dokumen asli yang telah dilegalisasi oleh institusi yang mengeluarkan dokumen tersebut. Jangan pernah menyerahkan dokumen asli, karena seluruh dokumen yang diterima oleh pihak penyelenggara tidak akan dikembalikan ke peserta.
  5. Seluruh berkas dokumen di atas harus diurutkan berdasarkan checklist pada halaman pertama, dan diberi nomer serta label pada bagian pojok kanan atas. Contoh: 9. Transcript.
  6. Untuk pendaftaran University Track, peserta melampirkan 1 set berkas dokumen yang disebutkan di atas.
  7. Untuk pendaftaran Embassy Track, peserta melampirkan 1 set berkas dokumen yang disebutkan di atas termasuk 2 Surat Rekomendasi asli dalam satu amplop. Pihak Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta akan membuat tiga salinan jika diperlukan.

KETENTUAN DAFTAR BEASISWA S1 KOREA GKS UNIVERSITY TRACK (JALUR UNIVERSITAS):

Bagi kalian yang mendaftar Beasiswa GKS melalui University Track hanya bisa memilih jurusan yang berhubungan dengan Ilmu Alam (Natural Science) dan Teknik (Engineering).

Dibawah ini merupakan Daftar Pilihan Universitas di Korea Selatan – University Track (Jalur Universitas):

Daftar Universitas Korea Selatan Beasiswa S1 Korea GKS – University Track

Pilihan Jurusan dan Program Studi Beasiswa GKS – University Track dapat diunduh pada link berikut: https://overseas.mofa.go.kr/id-id/brd/m_2707/view.do?seq=761461 kemudian pilih tulisan “2022 GKS-U University Information.zip”. Peserta hanya bisa memilih satu universitas dan satu jurusan saja.

Pendaftaran Beasiswa S1 Korea GKS University Track dilakukan secara langsung pada universitas yang dituju di Korea Selatan.

Prosedur pendaftaran Beasiswa GKS pada setiap universitas berbeda-beda. Sehingga, kalian harus rajin mengecek website resmi universitas yang dituju mengenai persyaratan, ketentuan pendaftaran, dan batas waktu pendaftaran Beasiswa GKS di universitas tersebut.

Kalian juga dapat menghubungi kontak person dari universitas yang dituju (lihat Daftar Kontak Person pada link berikut: 2022 GKS-U Application Guidelines (English).pdf, halaman 36 “Appendix C. Contacts of Universities (University Track)”.

Batas waktu pendaftaran beasiswa GKS (University Track) setiap universitas berbeda-beda, tapi tidak melebihi tanggal 20 OKTOBER 2021. Setelah lolos seleksi dokumen, peserta akan mengikuti seleksi tahap 1 berupa wawancara. Pengumuman hasil wawancara dari pihak universitas akan dilaksanakan pada tanggal 12 November 2021. Selanjutnya pengumuman seleksi tahap 2 oleh pihak NIIED akan ditampilkan pada website http://www.studyinkorea.go.kr sekitar akhir bulan November 2021.

KETENTUAN DAFTAR BEASISWA S1 KOREA GKS EMBASSY TRACK (JALUR KEDUTAAN BESAR KOREA):

Berbeda dengan jalur University Track (Jalur Universitas), Pendaftaran Beasiswa GKS Embassy Track (melalui jalur Kedubes Korea Selatan di Jakarta) dibuka untuk Semua Jurusan. Program gelar Sarjana dengan durasi 5-6 tahun (misalnya Arsitektur, Kedokteran) baru ditambahkan pada GKS-U 2022.

Berikut ini merupakan Daftar Pilihan Universitas di Korea Selatan – Embassy Track (Jalur Kedutaan Besar Korea):

Daftar Universitas Korea Selatan Beasiswa S1 Korea GKS – Embassy Track

Untuk Daftar Pilihan Jurusan dan Program Studi Beasiswa GKS – Embassy Track bisa diunduh pada link berikut: https://overseas.mofa.go.kr/idid/brd/m_2707/view.do?seq=761461 kemudian pilih tulisan “2022 GKS-U University Information.zip”. Peserta harus memilih 3 (tiga) universitas serta menyertakan minimal 1 (satu) universitas Type B (lihat pada gambar).

Lengkapi berkas dokumen persyaratan yang disebutkan di atas, kemudian cantumkan pada amplop dan kirimkan pada alamat berikut:

[ Full Name ]

2022 Global Korea Scholarship

Embassy of the Republic of Korea

  1. Gatot Subroto Kav.57 Jakarta 12950

Tel : 021-2967-2555

Khusus pendaftaran via Embassy Track, selain mengirimkan berkas dokumen di atas, peserta juga wajib mengisi formulir online berikut: https://forms.gle/SaPtRxhMXALySRUTA.  Informasi yang tertera pada

berkas dokumen dan formulir online harus sama.

Batas waktu pendaftaran Beasiswa S1 Korea GKS Program Embassy Track sampai dengan 1 OKTOBER 2021, pkl 17.00 WIB.

Kelengkapan penting lainya :  

Wawancara online akan dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2021 (kepastian tanggal dan waktu wawancara akan diinformasikan beberapa hari sebelumnya).

Pengumuman seleksi tahap 1 oleh pihak Kedubes Korea dilaksanakan pada 22 Oktober 2021.

Selanjutnya pengumuman seleksi tahap 2 oleh pihak NIEED dilaksanakan pada bulan November 2021.

Seleksi tahap 3 oleh masing-masing universitas dilaksanakan pada Desember 2021.

Pengumuman final hasil seleksi juga akan dilaksanakan pada Desember 2021.

Untuk kalian yang masih bingung terkait selengkapnya, kalian bisa mengunjungi atau menghubungi kontak dibawah ini:

Email: [email protected]

Website: http://www.studyinkorea.go.kr dan https://overseas.mofa.go.kr.

Sumber Informasi Resmi: http://www.studyinkorea.go.kr.

Semoga bermanfaat, dan silahkan untuk dibagikan kepada teman, kerabat atau siapapun yang membutuhan, ya!

 

Editor : Syarifah ilma

_____
Gabung bersama ribuan orang di grup WA dan Telegram di sini :
GABUNG GRUP SEKARANG, GRATIS !

📲 atau download aplikasi Starla Education untuk bantuan apply beasiswa di sini :
DOWNLOAD APLIKASI STARLA EDUCATION

BAGIKAN INFORMASI INI VIA :

About the author

Putri Ayu Susilowati

Add Comment

Click here to post a comment