Home » 2023 Berkah, Beasiswa Pelatihan Mahasiswa S1, S2 CERN Telah dibuka
Beasiswa

2023 Berkah, Beasiswa Pelatihan Mahasiswa S1, S2 CERN Telah dibuka

2023 Berkah, Beasiswa Pelatihan Mahasiswa S1, S2 CERN Telah dibuka
2023 Berkah, Beasiswa Pelatihan Mahasiswa S1, S2 CERN Telah dibuka

Informasi beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa S1, S2 tahun ini ditawarkan oleh CERN (Conseil Européene pour la Recherche Nucléaire) Summer Student Programme 2023.

CERN sendiri merupakan organisasi Eropa yang khusus melakukan peenelitian nuklir, fisikawan, insinyur, dalam menyelidiki struktur fundamental alam semesta. Beasiswa ini dibuka untuk 21 Negara anggota CERN dan juga Negara non anggota cern termasuk Indonesia.

sasaran utama Beasiswa pelatihan CERN ditujukan untuk mahasiswa S1 maupun S2 yang sedang menempuh pendidikan tinggi dibidang Fisika, Teknik, Ilmu Komputer, dan Matematika. Kegiatan pelatihan akan dilangsungkan pada musim panas Eropa pada dulan (Juni – September) atau 8 – 13 minggu di Jenewa, tepatnya di Swiss.

Selama program pelatihan berlangsung, mahasiswa akan mengikuti beberapa program perkuliahan yang disiapkan khusus untuk peserta, yakni dilakukan program sharing penggetahuan diberbagai  bidang keilmuan seperti fisika, teknik, dan komputasi. Selain itu para peserta juga akan digiring untuk kunjungan ke fasilitas CERN, beserta melakukan sesi diskusi dan lokakarya.

Untuk lebih lanjutnya yuk baca artikel ini hingga selesai!

Fasilitas:

1. Kontrak asosiasi 8 hingga 13 minggu yang digunakan untuk mengerjakan proyek teknis ( Bagi negara non anggota CERN, seperti Indonesia, kontrak hanya bisa dilakukan selama 8 minggu).

  1. Mengikuti kuliah fisika ekstensif (mahasiswa dipersilahkan menghadiri rangkaian kuliah IT yang diselenggarakan oleh Openlab.
  2. Tunjangan 90 CHF (± Rp 1,4 juta) per hari (setelah dipotong pajak) untuk biaya akomodasi dan makan di area Jenewa selama durasi kontrak.
  3. Dan yang terakhir peserta berhak mendapatkan tunjangan perjalanan, asuransi kesehatan, juga bantuan untuk menemukan akomodasi di situs resmi CERN.

Persyaratan:
1. Calon penerima besiswa berasal dari mahasiswa Sarjana atau Magister (bukan PhD) dibidang Fisika, Teknik, Ilmu Komputer, atau Matematika dan telah menyelesaikan tiga tahun studi di jenjang universitas, pada European Summer 2023.
2. Masih terdaftar sebagai mahasiswa selama berada di CERN.

  1. sebelum melamar program ini calon penerima beasiswa belum pernah menjadi bagian dari CERN. Contohnya seperti (pelajar teknis, peserta pelatihan, pengguna atau status lainnya) dengan jangka waktu lebih dari 3 bulan dan belum pernah menjadi pelajar musim panas di CERN
    4. Memiliki pengguasaan bahasa Inggris yang baik, apabila mampu berbahasa Prancis maka akan menjadi prioritas.

Persyaratan Dokumen:
1. CV dalam yang terlampir dengan menggunakan bahasa Inggris atau Prancis
2. Salinan transkrip akademik terbaru

  1. Dua surat referensi (dengan waktu kurang dari 12 bulan), dari dosen atau pembimbing magang sebelumnyaPendaftaran:
    pendaftaran beasiswa pelatihan mahasiswa CERN dilakukan secara online di laman Summer Student Programme. Lengkapi penggisian formulir di bagian “I’m interested” dan submit dokumen aplikasi seperti yang telah disebutkan pada bagian persyaratan diatas . Dokumen aplikasi berformat PDF dan diberi nama, seperti ‘CV” atau ‘Academic Transcript’.

    Ketika formulir pendaftaran sudah berhasil terkirim, maka pelamar akan mendapatkan email konfirmasi yang berupa link. Anda harus meneruskan link tersebut ke pemberi referensi, kemudian mereka bisa mengunggah surat rekomendasi untuk Anda melalui link tersebut.

    Pendaftaran beasiswa pelatihan mahasiswa CERN S1 dan S2 di Swiss ini paling lambat dibuka pada 31 Januari 2023. Hasil seleksi akan diinformasikan kepada kadidat terpilih paling lambat pertengahan April.

Penulis : ika fitrianigsih

 

_____
Gabung bersama ribuan orang di grup WA dan Telegram di sini :
GABUNG GRUP SEKARANG, GRATIS !

📲 atau download aplikasi Starla Education untuk bantuan apply beasiswa di sini :
DOWNLOAD APLIKASI STARLA EDUCATION

BAGIKAN INFORMASI INI VIA :

Categories

Hubungi Kami :

Facebook | Twitter | Instagram | Telegram | Youtube